Selasa, 29 November 2011

Ketika Hati Gundah


Pernah gak sih kita merasa gundah, pusing, stress, bingung atau bahkan sedih sekalipun ? Jawabannya udah pasti iya. Karena hal itu udah manusiawi banget, tiap orang pasti punya masalah, dan kita pasti akan selalu berurusan sama yang namanya MASALAH. Suatu keadaan yang mana bikin pikiran kita gak karuan. Seakan semua itu gak akan mungkin bisa di selesaikan atau di cari jalan keluarya. Baik itu dari intern ataupun ekstern.

Dalam memecahkan sebuah masalah, antara satu orang dengan orang yang lainnya itu berbeda-beda. Ada yang mengungkapkan rasanya lewat sharing, baik sharing ke temen alias curhat, ataupun mengungkapkannya kesebuah tulisan. Atau bahkan ada yang di pendem aja, hmm...macam-macam memang. Tapi, perlu diketahui bahwa permasalahan dalam hidup itu adalah hal biasa.

Meski kita sering berurusan dengan masalah, janganlah kita bersedih hati atau kalo dalam bahasa arabnya "Laa Tahzan". Sebab yang sering kita lupakan adalah semua masalah, cobaan atau musibah itu datangnya dari Allah, maka penyelesaiannya pun harus kita kembalikan kepada Allah pula.

Ada lima langkah yang dapat dilakukan jika kita sedang sedih atau gundah. Insya allah kalo kita melakukannya dengan benar, semua masalah itu akan teratasi dan terobati.

Langkah Pertama : Berwudhu
Stress menjadikan jiwa tak tenang. Kegalauan jiwa sangat berpotensi mengacaukan hal-hal dan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, air wudhu dapat mendinginkan jasad dan ruh yang memanas. Sebab dengannya kita berwudhu, dapat menenangkan fisik dan psikis yang lagi nge drop atau gelisah.

Langkah Kedua : Shalat Dua Rakaat
Kebanyakan orang,sering melarikan diri dari masalah itu dengan cara tidur seharian, dengan harapan agar fikiran jadi fresh kembali ketika bangun nanti. Serta dapat meluruskan kembali urat-urat syaraf ke kondisi normal.
Cara itu sebenarnya baik, namun ada yang lebih baik lagi yaitu dengan shalat dua rakaat.Dengan shalat, kita bisa berdo'a kepada Allah agar dimudahkan dalam menghadapi masalah-masalah yang dirasa berat itu. Memohon pertolongan kepada-Nya atas segala masalah atau musibah yang sedang di hadapi.
Rasulullah SAW pun biasa mengistirahatkan diri dikala lelah dengan shalat.Menentramkan hati dengan berkomunikasi khusyu' dengan-Nya.

Langkah Ketiga : Membaca Al-Qur'an

Kalau hati lagi kesal,banyak ungkapan, keluhan atau umpatan kasar yang repleks terucap dari mulut kita. Sebuah ungkapan emosi yang tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada malah menambah masalah baru yang dapat memperumit masalah itu.
Ada nih cara yang terbaik agar rasa emosi itu tidak diungkapan dengan ucapan yang negatif. Yaitu dengan cara membaca Al-Qur'an. Alihkan semua ucapan-ucapan jelek itu dengan ucapan-ucapan yang baik.
Dengan membaca Al-Qur'an, dijamin rasa sedih, gundah, kesal atau sejenisnya, pasti akan hilang. Sebab Al-Qur'an itu sendiri adalah jawaban dari semua permasalahan kita di dunia ini.

Langkah keEmpat : Berdo'a

Bukankah kita telah sepakat bahwa semua ujian itu datangnya dari Allah? Lantas kemana kita harus mengadu serta meminta pertolongan? Tentu gak ada jawaban lain selain kepada Allah SWT. Dzat Pengampun lagi Penyayang. sebab, Dia-lah yang tau persis jalan keluar dari masalah kita.

Langkah KeLima : Tawakal

Setelah 4 langkah diatas dilaksanakan dengan sempurna, tentu refleksi dari itu semua adalah berserah diri atau Tawakal. Berserah diri sepenuhnya kepada Allah. Karena sesuatu harapan yang kita anggap lebih baik atau sempurna, belum tentu yang terbaik menurut Allah. Sebab, sepandai-pandainya jangkauan otak manusia, tetap tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi besok lusa dan setelahnya. betul kan ? Maka dari itu, serahkan sepenuhnya kepada Allah. Yakinlah, skenario Allah itu jauh lebih indah daripada angan-angan kita.

insya allah...

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review